Cara Menyimpan Ponsel Basah: 11 Langkah (dengan Foto)

Tidak! Ponsel cerdas Anda basah! Jangan panik. Menjatuhkan ponsel cerdas Anda ke wastafel, toilet, atau badan air lainnya dapat menyelamatkan Anda. Hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah bertindak cepat. Cabut (jika terhubung), keluarkan dari air dan matikan sesegera mungkin. Buang air sebanyak mungkin dengan handuk dan penyedot debu. Kemudian masukkan beras instan atau bahan penyerap lainnya ke dalam mangkuk selama 48-72 jam sebelum dinyalakan. Dengan sedikit keberuntungan dan beberapa tindakan cepat, ponsel Anda dapat bertahan.

keringkan telepon

How to Save a Wet Cell Phone: 11 Steps (with Pictures)

Keringkan dengan kain atau handuk yang tidak berbulu. Jika Anda memiliki kain mikrofiber, itu akan bekerja lebih baik. Anda dapat menggunakan handuk bersih (termasuk handuk kertas) jika perlu. Gunakan kain untuk mengeringkan ponsel Anda sebanyak mungkin, dan berhati-hatilah agar air tidak masuk ke port pengisian daya, jack headphone, atau slot kartu.

Jangan menggunakan pengering rambut atau memasukkan telepon ke dalam oven, microwave, pengering pakaian, atau peralatan lainnya. Panas dapat merusak ponsel Anda!

Jangan menggoyang atau menggerakkan telepon secara berlebihan untuk mencegah air mengalir melalui telepon.

How to Save a Wet Cell Phone: 11 Steps (with Pictures)

air hisap vakum. Memiliki penyedot debu basah/kering itu bagus! Jika tidak, penyedot debu standar dengan selang akan baik-baik saja asalkan tidak terlalu banyak menyerap air. Masukkan sambungan selang ke dalam vakum, atur vakum ke tinggi, lalu vakum di dekat setiap lubang di telepon.

Mereka juga menyedot air melalui mulut mereka. Ini sangat halus dan Anda bisa cukup dekat dengan ponsel Anda untuk mendengar posisi air. Menghirup kembali air liur ke dalam telepon dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar.

Dengarkan air yang terperangkap saat melakukan ini untuk fokus pada area yang terendam. Lanjutkan untuk membersihkan air dari sana sampai “suara air yang terperangkap” menghilang (hanya setelah itu akan terdengar seperti udara).

How to Save a Wet Cell Phone: 11 Steps (with Pictures)

Gunakan udara bertekanan untuk mengeluarkan air dari ponsel Anda. Jika Anda memiliki kompresor udara mekanis, Anda dapat menyetelnya ke setelan psi rendah (pon per inci persegi) dan menggunakannya untuk mengeluarkan cairan yang tersisa. Jika tidak, tabung udara terkompresi melakukan fungsi yang sama. Ini meniup udara melalui permukaan telepon dan ventilasi dalam waktu singkat.

Menggunakan psi yang lebih tinggi dapat merusak komponen internal ponsel.

penggunaan pengering

How to Save a Wet Cell Phone: 11 Steps (with Pictures)

Gunakan paket gel silika untuk mengeringkan ponsel Anda. Ya, Anda mungkin pernah mendengar menggunakan nasi instan, tetapi pada kenyataannya nasi bukanlah cara yang paling efektif untuk mengeringkan ponsel Anda ! Pengujian oleh dealer telepon yang diperbaharui, Gazelle, menunjukkan bahwa silika gel lebih efektif daripada beras instan dan hampir semua metode pengeringan lainnya. Ini hanya akan berfungsi jika Anda sudah memiliki paket gel silika, seperti tas kecil di dalam kotak sepatu dan botol pil, dan paket elektronik yang bertuliskan ‘jangan makan’. Jika dalam penyimpanan, letakkan ponsel Anda (dan baterai jika dilepas) dalam mangkuk besar dan tutup dengan beberapa kantong silika gel. Biarkan ponsel selama 48 hingga 72 jam agar gel menyerap kelembapan yang tersisa di ponsel.

Silica gel dapat dibeli secara online atau di toko, tapi ingat. Kecepatan adalah faktor terpenting dalam menjaga ponsel Anda tetap basah. Jika tidak ada gel silika, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Tidak perlu membuka paket. Masukkan saja ke dalam wadah bersama dengan ponsel Anda.

How to Save a Wet Cell Phone: 11 Steps (with Pictures)

Tutupi ponsel Anda dengan 4 cangkir (sekitar 0,5 kg) kotoran kucing kristal. Karpet kucing kristal terbuat dari gel silika, yang merupakan bahan terbaik untuk mengeringkan ponsel Anda. Sangat penting untuk menggunakan kotoran kucing kristal, bukan kotoran yang terbuat dari tanah liat atau bahan lainnya . Ini adalah silika yang menarik kelembaban. Tanah liat akan membuat segalanya lebih membingungkan. Tuang lapisan crystal cat sand ke dalam wadah minimal 1-2 liter (0,95-1,89 liter). Kemudian letakkan ponsel yang tidak terkunci dan pisahkan baterai di atas lapisan ini. Tuang sisa sampah untuk menutupi seluruh ponsel dan biarkan selama 48 hingga 72 jam.

Anda dapat menemukan kotoran kucing kristal di sebagian besar toko kelontong dan toko hewan peliharaan.

Pengering lain seperti couscous mutiara dan oatmeal instan juga berfungsi.

How to Save a Wet Cell Phone: 11 Steps (with Pictures)

Masukkan ponsel Anda ke dalam semangkuk nasi instan, couscous instan, atau oatmeal instan. Kata kuncinya di sini adalah Instan . Ini karena nasi putih, couscous, atau oatmeal tidak akan menyerap cukup kelembapan dari ponsel Anda dalam waktu singkat. Jika Anda memiliki ketiganya, pilih oatmeal atau couscous. Keduanya memiliki daya serap yang lebih baik dibandingkan nasi instan. Dalam mangkuk besar, tuangkan 4 cangkir (900 g) beras, couscous, atau oatmeal dan letakkan ponsel Anda (dengan baterai terpisah jika dilepas) di dalamnya. Semua makanan siap saji ini akan membantu menghilangkan kelembapan yang tertinggal di ponsel Anda.

Jika menggunakan couscous, carilah mutiara yang lebih besar yang sering disebut couscous “Israel”. Berbagai bit dapat masuk ke port. Jelas, jangan tambahkan paket bumbu yang disertakan.

Saat menggunakan oatmeal instan, jangan gunakan gula perasa atau tambahan.

Jika Anda tidak memiliki makanan ini dan berencana untuk pergi ke toko, carilah kotoran kucing kristal alih-alih makanan . Ini bekerja lebih baik.

How to Save a Wet Cell Phone: 11 Steps (with Pictures)

Tinggalkan ponsel Anda di luar ruangan dengan kipas angin. Jika Anda tidak punya pilihan, letakkan ponsel Anda di atas handuk kering atau permukaan penyerap lainnya dan letakkan kipas angin untuk meniupkan udara ke permukaan ponsel. Semakin kuat kipasnya, semakin baik. Biarkan kipas menyala selama 48-72 jam seperti pengering rambut.

How to Save a Wet Cell Phone: 11 Steps (with Pictures)

Pasang kembali ponsel Anda dan hidupkan setelah 2-4 hari. Pastikan ponsel Anda bersih dan kering sebelum menyalakannya. Sangat penting untuk mengeringkan ponsel Anda sepenuhnya sebelum menyalakannya kembali. Semakin lama Anda menunggu, semakin lama Anda dapat menggunakannya.

Jika telepon dihidupkan, gunakan sambil terus-menerus merasakan bagian belakangnya terlalu panas (untuk mencegah mati otomatis). Setiap beberapa menit (atau jika dimatikan) lepaskan penahan (jika mungkin) untuk menghapus tetesan air. Hidupkan lagi, hidupkan, gunakan, dan ulangi lagi. Setiap kali, tingkatkan tugas yang lebih berat, seperti video, hingga air benar-benar habis (panas memudahkan untuk mengalirkan air dari elektronik inti – ini adalah bagian dari proses pemulihan).

Jika tidak terjadi apa-apa, masukkan telepon Anda ke dalam pengering, tunggu satu atau dua hari lagi, lalu hidupkan kembali. Anda mungkin perlu mengulangi operasi ini beberapa kali.

Bertindak cepat untuk mengurangi kerusakan akibat air.

How to Save a Wet Cell Phone: 11 Steps (with Pictures)

Bahkan jika ponsel Anda tampaknya berfungsi, segera matikan. Membiarkannya apa adanya dapat menyebabkan korsleting. Jika di dalam air, anggap sudah jenuh dengan air apakah masih mengalir atau tidak. Jika ponsel dicolokkan saat terendam, cabut kabel dari port! Kegagalan mencabut steker terlebih dahulu dapat menyebabkan kejutan saat diputuskan.

Jika ponsel Anda adalah model yang lebih baru dan/atau unggulan, kemungkinan besar ponsel tersebut tahan air. Peringkat untuk ponsel tahan air dimulai dengan “IP6” diikuti dengan angka 7 atau 8 (mis. IP67, IP68). Peringkat IP ponsel Anda menunjukkan berapa banyak air yang dapat ditangani ponsel Anda.

Ponsel berperingkat IP67 umumnya dapat direndam dalam air setinggi 1 meter selama 30 menit tanpa air masuk ke dalamnya. Beberapa ponsel yang diberi peringkat IP67 adalah Google Pixel 2, iPhone X, iPhone 8, iPhone SE (2020), iPhone 8, iPhone 7, iPhone X, dan iPhone XR.

Ponsel berperingkat IP68 dapat terendam air sedalam 1,5 meter hingga 30 menit. Ponsel dengan peringkat IP68 termasuk iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 12, iPhone 11, Google Pixel 3 atau lebih baru, Samsung Galaxy S7 atau lebih baru, Galaxy Note8 atau lebih baru, Sony Xperia 1 II dan LG Velvet.

Jangan nyalakan ponsel Anda atau buka untuk melihat apakah aplikasi berfungsi.

How to Save a Wet Cell Phone: 11 Steps (with Pictures)

Lepaskan casing pelindung ponsel Anda dan aksesori lainnya. Kumpulkan pakaian atau handuk kertas bebas serat dengan cepat, letakkan ponsel Anda di atasnya, dan lepaskan semua lampiran. Apa pun yang tertinggal di ponsel yang basah dapat menjebak air di dalamnya atau merusaknya.

How to Save a Wet Cell Phone: 11 Steps (with Pictures)

Keluarkan kartu SIM dan baterai (jika ada). Jika ponsel Anda memiliki baterai yang dapat dilepas, lepaskan penutup baterai dan lepaskan baterai. Jika kartu SIM dan/atau SD berada di bawah penutup baterai, lepaskan. Jika ponsel Anda memiliki baki kartu SIM, tarik keluar dan keluarkan kartu SIM.

Lap kartu SIM, kartu memori, dan/atau baki kartu SIM dengan handuk kertas atau kain kering, lalu keringkan. Bagian-bagian ini rentan terhadap kerusakan air dan dapat disimpan untuk pemulihan.

Beberapa ponsel memiliki indikator kerusakan air yang memberi tahu Anda jika air masuk ke dalam. Jika Anda memiliki ponsel dengan penutup baterai yang dapat dilepas, Anda biasanya dapat menemukan indikator kerusakan air di bagian belakang baterai atau pada baterai itu sendiri. Jika ponsel Anda memiliki baki SIM yang dapat dilepas, Anda dapat menemukan indikator baki. Cari titik putih, merah muda atau merah atau kotak kecil. Saat titik berwarna merah muda atau merah, indikator perendaman mendeteksi bahwa air telah masuk ke telepon.

Leave a Reply

Your email address will not be published.